Buat orang Indonesia, salah satu impian adalah menikmati liburan di musim dingin. Salju yang bertebaran merupakan dayatarik bagi wisatawan dari negara tropis.

Berwisata ke beberapa negara yang memiliki 4 musim memang menjadi pilihan yang unik, karena kita dapat merasakan keindahan alam di musim-musim tertentu yang tidak terjadi di Indonesia. Namun, tidak hanya pada musim panas maupun semi, karena berwisata saat musim dingin atau salju juga dapat menjadi pengalaman yang amat menyenangkan. Terutama bagi kita yang tidak pernah merasakan musim dingin sebelumnya, melihat suasana kota yang putih berselimut salju dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Mau tahu persiapan berwisata saat musim dingin? Simak tips berikut ini.

  • Cek informasi suhu tempat tujuan

Melalui berbagai sumber informasi dapat diketahui suhu daerah tujuan wisata. Saat musim dingin, suhu bisa saja berubah dengan drastis dari positif (di atas nol) hingga minus (di bawah nol). Di beberapa negara bersuhu dingin, setelah melewati musim gugur (sekitar bulan September hingga November), musim dingin akan sangat terasa, terlebih jika musim salju sudah dimulai.

  • Kondisi kesehatan yang baik

Bagi kita yang terbiasa merasakan suhu tropis, perubahan suhu yang drastis dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Di musim dingin, kita akan sering mengalami hidung berair, pusing, hingga demam. Pastikan kondisi badan anda sehat sebelum berangkat dan jaga daya tahan tubuh selama berwisata.

Bawa beberapa obat terutama yang dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik, sehingga kita akan tetap fit. Jika anda memiliki beberapa penyakit yang berhubungan dengan suhu dingin, pastikan obat andalan terbawa. Membawa obat tertentu dari negara sendiri juga dapat membantu jika kita sakit di negara tujuan serta untuk menghindari harga dan jenis obat yang berbeda.

  • Pakaian hangat

Bawalah beberapa pakaian hangat yang berbahan seperti wol, fleece, cashmere dan lain sebagainya. Beberapa bahan tersebut akan membuat kita tetap hangat dan mencegah udara dingin mudah masuk ke kulit.

Selain itu, mantel atau jaket tebal juga wajib dibawa. Ada beberapa jenis mantel maupun jaket tebal yang panjang hingga menjaga tubuh tetap dingin, bahkan saat kita duduk maupun jongkok. Dengan memakai jaket atau mantel yang hangat, kita tak perlu memakai baju berlapis-lapis yang merepotkan.

Bahan celana juga perlu diperhatikan. Bahan jeans dapat menyerap udara dingin, sehingga tidak disarankan untuk dipakai saat winter. Pakailah celana kain berbahan tebal atau menggunakan legging hangat.

  • Aksesoris penghangat

Tak hanya pakaian hangat, perlengkapan lain seperti penutup kepala, penutup telinga, sarung tangan, sepatu hingga kaos kaki tebal juga patut dikenakan. Sarung tangan dan penutup kepala misalnya, akan sangat berguna jika salju sedang turun. Jika anda ingin bermain salju, memegang salju dengan tangan kosong dapat membuat tangan anda kaku kedinginan.

Begitu pula dengan sepatu. Pilih sepatu berbahan tebal di dalamnya. Alangkah baiknya untuk tidak memilih sepatu berdasarkan model saja, namun juga seberapa hangat sepatu tersebut di kaki Anda. Ada beberapa sepatu khusus untuk musim salju yang tidak bersol licin hingga tidak membuat kita mudah terpeleset saat berjalan.

  • Jaga kelembaban kulit

Udara saat musim dingin sangatlah kering. Pastikan kulit anda tetap lembab untuk menghindari kulit yang bersisik hingga luka karena kering. Bawa dan kenakan lotion khusus untuk kulit sangat kering dan juga produk kosmetik lainnya yang mengandung pelembab. Beberapa bagian tubuh yang rentan kering adalah bibir, ujung hidung, tangan dan jari hingga rambut. Jika kesulitan mendapatkan produk kosmetik untuk musim dingin, membelinya di negara tujuan juga bisa menjadi solusi.

  • Event atau acara khusus musim dingin

Musim dingin yang identik dengan putihnya salju dapat menjadi hal yang unik. Carilah info beberapa acara di negara atau kota tujuan yang ditampilkan khusus saat musim dingin. Sebagian  besar negara bersuhu dingin dihiasi lampu-lampu yang cantik hingga pagelaran musim dingin lainnya.

 

Berikut tips memilih  baju dan perlengkapan lengkap khusus musim dingin agar liburan Anda menjadi menyenangkan.

  • Jaket

Jaket ada banyak jenis, mulai dari yang tebal banget sampai yang tipis model cardigan, Jaket tebal ada yang berbahan sintetis nylon, yang diisi dengan bulu angsa, sedangkan jaket dengan foam polyster, adalah jaket yang paling ringan. Ada pula jaket  yang dilapisi dengan lapisan thermal yang bisa memantulkan panas tubuh kita, sehingga jadi hangat. harganya biasa agak mahal.

Jaket untuk daerah perkotaan tidak perlu terlalu tebal sekali. Bisa gunakan jaket yang diisi dengan bulu angsa.

Jika cuaca sangat dingin, bisa  memakai jaket yang terbuat dari bulu tebal, tapi biasanya jaket seperti ini sangat berat dan tidak nyaman untuk jalan-jalan jauh. Namun, jaket tebal ini membuat Anda tidak merasa kedinginan sama sekali.

Untuk kegiatan outdoor main ski, ataupun main es biasanya kita perlu jaket yang sangat tebal, yaitu outdoor jacket. Di setiap tempat main ski mereka menyewakan jaket yang super tebal ini.

  • Daleman musim dingin.

Nah ini yang paling penting, rahasia di musim dingin adalah memakai baju beberapa lapis, sehingga panas tubuh kita tidak keluar. Anda bisa gunakan Long john, yaitu pakaian yang body fit, seperti legging untuk wanita. Bahannya ada beberapa macam, ada yang tebal atau tipis mirip baju senam. Terbaik long john  agak tebal seperti wol, dan harus pastikan bahannya elastis dan fleksibel.

  • Sepatu

Untuk sepatu bebas, apabila kita banyak beraktifitas outdoor, perlu dipertimbangkan untuk membeli sepatu bot yang kedap air dan udara. Untuk beraktivitas di perkotaan kita bisa memakai sepatu kets biasa, sepatu olahraga ataupun sepatu kulit.

  • Kaos kaki

Untuk kaos kaki bisa memakai yang biasa saja, tapi yang tebal lebih baik . Hanya saja kaus kaki tebal membuat sepatu menjadi sempit. Jadi, harus ngepas dulu dengan sepatunya.

  • Sarung tangan

Pada saat musim dingin, sarung tangan merupakan perlengkapan tubuh yang sangat penting  terutama jika ingin main salju. Anda juga bisa beli hand warmer, berbentuk seperti lempengan dan bisa mengeluarkan panas untuk 5-8 jam, ada yang berbentuk koyo (bisa ditempel).

  • Perlindungan untuk kepala, kuping, hidung, dan leher.

Terutama bagian yang harus dilindungi adalah bagian kuping, karena kuping kita paling sensitif dengan udara dingin. Selanjutnya daerah leher, ada baiknya menggunakan syal untuk menutupi leher, Apabila leher dan kuping sudah terlindungi, biasanya rasa dingin tidak terlalu terasa. Apabila masih terasa dingin, kita juga bisa menutupi muka dengan kain atau syal.

Selamat berwisata!

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *