Sungguh mengasyikan  berlibur bersama teman-teman. Kenali gaya teman-teman dan kembangkan sikap empati agar  dapat menikmati liburan bareng mereka.

Bepergian dengan sahabat? Meskipun sudah akrab, namun  tidak menutup kemungkinan terjadi perselisihan antara Anda dan sahabat. Perbedaan pendapat bisa terjadi sejak persiapan, atau saat bepergian. Seperti, untuk menentukan lokasi wisata, hingga masalah keuangan dapat membuat perbedaan pendapat.

Anda sebaiknya pandai berkompromi untuk menentukan jalan keluar yang terbaik dalam menghadapi tiap masalah bagi Anda sendiri dan teman. Jika tidak setuju dengan pendapat teman, katakan padanya dan jangan diam saja. Membiarkan komunikasi berjalan lebih baik akan membuat liburan Anda bersama teman akan semakin asyik.

Anda tidak perlu menyiapkan rencana yang terlalu detail untuk liburan. Rencana di sini maksudnya adalah tujuan berlibur Anda dan teman memang benar-benar sama, misalnya untuk bersenang-senang saja atau sekaligus ingin belajar sesuatu.

Jangan egois ketika memutuskan segala hal yang berbau liburan bersama teman, misalnya transportasi, tempat menginap, dan yang lainnya. Anda mungkin juga perlu menuturkan hal ini pada teman yang Anda ajak berlibur.

Apakah ada masa lalu yang pernah Anda alami dengan teman yang akan berlibur bersama Anda? Pastikan Anda menyelesaikan segala masalah tersebut sebelum bepergian agar tidak merusak masa-masa menyenangkan Anda bersama sahabat.

Persiapan Sebelum Pergi

  1. Hitung-hitungan yang serba tertulis. Hindari prinsip ‘bagaimana nanti’, pastikan rekan berlibur Anda tahu berapa uang yang akan ia keluarkan. Lebih baik lagi jika ada rencana keuangan berlibur yang tertulis.
  2. Beli tiket / deposit kamar hotel secara terpisah. Saat ini sudah banyak hotel atau resor yang memungkinkan tamunya untuk melakukan deposit tanpa membebankan biaya ke kartu kredit. Meski terdengar sedikit egois, membeli tiket atau membayar deposit hotel secara terpisah akan mempermudah dalam proses hitung-hitung nanti, tapi pastikan dahulu kalau rekan berlibur Anda tidak berkeberatan dengan hal ini.
  3. Buat itinerary. Tempat mana saja yang ingin dikunjungi dan transportasi menuju ke sana. Ini akan sangat menghemat waktu dibanding kita baru memikirkannya di tempat tujuan. Bila teman-teman ingin pergi ke tempat berbeda, tentukan saja meeting point. Dengan begitu semua bisa liburan sesuai keinginan hati.
  4. Koper atau ransel? Baiknya, tentukan tema liburan kali ini. Dengan begitu kita sudah tahu dari awal hotel kelas apa yang akan jadi tempat menginap, lokasi kuliner dan tempat belanja seperti apa yang akan dikunjungi.
  5. Bawa penutup mata. Sepele tapi penting. Bila tiba-tiba ada teman yang enggak bisa tidur dengan lampu mati, sedang kita sebaliknya, tidur bisa tetap nyenyak kan?

Ketika Berlibur

  1. Jujur. Ketika Anda dan sahabat berlibur ke Disneyland Hongkong, salah satu dari Anda mengusulkan untuk menginap di hotel yang berada dalam kompleks Disneyland, Anda sendiri diam-diam keberatan karena selain harganya mahal, tidak ada yang terlalu spesial dengan hotel tersebut. Kejujuran Anda bisa membantu menghemat pengeluaran. Utarakan keberatan Anda untuk mengeluarkan uang. Kalau rekan akan tetap bersikeras, Anda masih bisa menginap di tempat lain yang lebih murah, bukan?
  2. Bayar masing-masing. Kalau tidak ingin repot-repot menagih utang dikemudian hari, sistem bagi dua paling cocok. Sebelum berangkat, tegaskan kalau Anda ingin tidak ada utang atau uang yang terlupa dibayar setelah liburan berakhir.
  3. Inisiatif. Rekan berlibur Anda tipe yang ingin tahu beres? Manfaatkan keadaan ini dengan inisiatif menawarkan jasa untuk mencari hotel atau resto yang sesuai dengan bujet Anda dan rekan.
  4. Minta waktu sendiri. Rekan Anda ingin nongkrong di Cafe semalam suntuk, sedangkan Anda tidak mau mengeluarkan uang terlalu banyak untuk satu malam. Biarkan rekan Anda pergi sendiri melakukan apa yang ia mau. Lalu Anda? Menikmati malam di taman kota sambil ditemani segelas kopi hangat juga tak kalah menyenangkan!
  5. Care each other. Walau kerap membuat kesal saat traveling, setidaknya merekalah “saudara” terdekat kita di tempat liburan, apalagi bila pergi ke luar negeri. Sudah seharusnya kita saling menjaga hingga selamat sampai di rumah.
  6. Jangan menyalahkan siapa pun bila tiba-tiba nyasar atau liburan tak sesuai harapan. Sukses atau gagalnya liburan bergantung dari kekompakan Anda dan teman-teman.
  7. Absen gadget. Liburan harus dinikmati, jangan sampai gadget malah membuang kesempatan kita untuk menikmati tempat wisata. Lebih baik ngobrol dengan teman yang ada di teman di depan mata dibanding asyik chatting dengan mereka yang ada jauh di sana. (dari berbagai sumber)

www.mariwisatatravel.com
Enjoy Your Trip with Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *