Ingin duduk manis, tanpa pusing memikirkan tranportasi, itinarary dan makan selama traveling? Ya, gunakan agen atau biro perjalanan wisatauntuk mengaturnya.

Anda ingin bepergian untuk liburan dengan menggunakan jasa biro perjalanan wisata? Nah,  pastikan bahwa biro perjalanan wisata yang anda pakai memang terbaik. Masalahnya, kebanyakan industri travel atau biro perjalanan wisata yang berkembang pesat, tidak hanya membuat usaha di bidang itu saja, tetapi juga melahirkan agen-agen nakal yang tega menipu para konsumen.

Tidak terlalu mengherankan karena travel agent saat ini bertaburan di mana-mana. Mulai dari perusahaan besar dengan jaringan nasional dan internasional, sampai agen perjalanan pribadi yang bermodalkan situs online dan media sosial.

Bahkan, berwisata menggunakan jasa travel agent atau biro perjalanan wisata kerap dianggap berbiaya lebih mahal dan dibatasi oleh jadwal yang ketat. Namun, Trinity, penulis buku “The Naked Traveler” mengakui tidak selamanya berwisata menggunakan biro perjalanan wisata itu berbiaya lebih mahal.

Menurut Trinity, jasa biro perjalanan wisata sangat berguna untuk mengunjungi destinasi-destinasi yang secara prosedural sulit dikunjungi. Misalnya, pada destinasi tertentu seperti Israel yang tidak bisa dikunjungi tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata. “Sementara destinasi seperti Rusia, mengurus visanya sulit dan membutuhkan usaha lebih untuk para traveler independen. Kalau menggunakan travel agent yang telah memiliki jaringan luas tentu prosesnya lebih mudah,” ujarnya seperti yang dilansir dari Kompas.com

Lantas, bagaimana caranya agar Anda dapat menemukan biro perjalanan yang terbaik, profesional dan kompeten? Anda harus memilih biro perjalanan wisata seperti memilih lawyer atau dokter untuk keperluan Anda. Jadi, harus pintar memilah mana travel agent yang baik dan mana yang tidak. Bila memilih asal-asalan, asal murah misalnya, bisa-bisa malah kena tipu.

Memilih  Tepat

Berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih travel agent untuk liburan

  • Aman. Ada cerita pengalaman beberapa turis ditinggal di tengah jalan oleh supir bus yang dipesan lewat travel agent. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Tidak hanya rugi uang tetapi malah dapat membahayakan keselamatan jiwa.
  • Pastikan travel agent yang akan dipilih bukan penipu. Jangan sampai setelah bayar. orangnya juga menghilang. Cara termudahnya adalah melalui rekomendasi teman atau sejawat yang bisa dipercaya. Bila sedang di luar negeri atau luar kota, bisa minta rekomendasi dari staf hotel.
  • Teliti sebagai konsumen. Bisa jadi kesalahan bukan pada travel agent melainkan pada konsumen yang tidak teliti. Telitilah dengan baik setiap jasa dan barang yang dibeli melalui travel agent. Terutama pelayanan apa saja yang didapat dan tidak didapat. Misalnya saat membeli tiket pesawat pastikan kalau ingin ada perubahan atau membatalkan bagaimana penggantiannya. Jika membeli paket tur, jangan lupa minta perincian jadwal dan pengeluaran apa saja yang tidak didapat. Jangan malas mengkonfirmasi hotel yang sudah dipesan. Sebab jangan sampai hotel ternyata belum menerima pesanan saat kita datang.
  • Pilih travel agent sesuai spesialisasi. Spesialisasi ini memang tidak secara formal tetapi pada faktanya setiap travel agent memiliki spesialisasi berdasarkan destinasi dan pelayanannya. Biasanya spesialisasi ini berdasarkan wilayah. Para travel agent memiliki pengalaman dan jaringan relasi yang lebih kuat di wilayah masing-masing. Ada travel agent yang spesialiasasinya adalah umroh, haji, dan perjalanan ke kawasan Timur Tengah. Ada pula yang spesialisasinya liburan ke kawasan Eropa biasanya termasuk perjalanan ibadah Nasrani, kawasan daratan Tiongkok, kawasan Asia dan Indochina, dan kawasan nasional Indonesia terutama Jawa, Bali dan Lombok. Terakhir juga berkembang ke kawasan Indonesia Timur.
  • Terpenting adalah cermat dalam bertransaksi. Jangan sampai kesalahan memilih agen perjalanan menjadi mimpi buruk. Jadikan liburan sebagai pengalaman yang menyenangkan.
  • Kepercayaan tidak terbentuk begitu saja tapi dari pengalaman yang bisa diperoleh dari rekan atau saudara. Dari pengalaman mereka, kita bisa menentukan biro perjalanan wisata yang profesional.

Teliti Sebelum Membeli

Jika Anda sudah menentukan biro perjalanan liburan, hendaknya juga memperhatikan hal-hal penting berikut :

  • Baca baik-baik ringkasan perjalanan atau itinerary yang ditawarkan oleh biro wisata. Anda harus perhatikan informasi yang diberikan seperti lama perjalanan, objek wisata yang dikunjungi dan juga fasilitas yang termasuk dalam paket seperti makan, tiket masuk obyek wisata dan transportasi. Anda sebaiknya mengetahui dari awal daftar hotel yang akan digunakan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengenal seluk beluk lokasi hotel lebih dini.
  • Makanan pantangan, lebih baik Anda mengetahui makanan yang disajikan dalam paket wisata. Ini begitu penting dan khususnya bagi Anda yang muslim atau memiliki makanan pantangan tertentu. Untuk beberapa maskapai, Anda juga dapat memesan makanan khusus seelama berada di pesawat.
  • Transit airport. Kebanyakan paket wisata jarak jauh biasanya menggunakan pesawat yang mengharuskan transit di sebuah bandara tertentu. Anda juga harus memeriksa berapa lama harus menunggu untuk ganti pesawat. Sebaiknya hal ini perlu menjadi perhatian bagi Anda yang berlibur dengan si buah hati. Apabila Anda transit butuh waktu lebih dari 4 jam, Anda harus menanyakan apakah ada fasilitas istirahat di luar bandara.
  • Fasilitas Stop Over. Ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk mampir sejenak di negara antara, namun dengan tambahan biaya tertentu. Contoh apabila anda berlibur ke negara Mesir dan menggunakan Emirates, dapat stop over di Dubai, Qatar dalam perjalanan pulang. Namun untuk semua urusan setelah stop-over menjadi tanggung jawab Anda sendiri karena peserta tour lainnya akan langsung melanjutkan perjalanan pulang ke Indonesia.
  • Kebijakan Bagasi. Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan yang berbeda mengenai bagasi gratis yang diperbolehkan. Anda akan dikenakan biaya yang cukup mahal apabila kelebihan bagasi. Sebaiknya Anda memperhitungkan berapa banyak barang yang akan dibawa dan saat balik ke Indonesia berapa banyak bagasi akan tambah.
  • Perjalanan sambungan. Apabila Anda melakukan liburan jarak jauh, akan mungkin dapat menggunakan tranportasi berbeda baik menggunakan pesawat lain atau jalan darat dengan kereta, kapal laut maupun bus. Dan Anda juga harus pastikan perjalanan sambungan ini diketahui dari oleh Anda dari awal.
  • Kepastian keberangkatan. biasanya suatu paket akan dibuka jika peserta tour sudah mencapai jumlah minimal yang ditentukan. Untuk kepastian keberangkatan ini juga menjadi hal yang sangat penting agar liburan Anda sesuai jadwal yang sudah ditentukan,
  • Pengurusan dokumen. Apabila Anda melakukan liburan dan tour keluar negeri, maka Anda diwajibkan untuk mengurus visa kunjungan. Anda juga harus menanyakan apakah dari pihak biro dapat membantu pengurusan dokumen yang diperlukan dan berapakah biaya yang harus dikeluarkan. Bantuan dari travel biro akan sangat membantu Anda, karena apabila kegagalan mendapatkan visa akan membuat liburan Anda menjadi gagal juga.
  • Tour Guide dan Tour Leader. Anda juga harus menanyakan apakah keduanya ada dalam paket wisata. Tour Leader akan membantu anda dan menemani Anda dari airport keberangkatan hingga kembali. Sementara untuk tour guide akan memandu Anda selama anda mengunjungi obyek-obyek wisata disana nantinya. Anda sebaiknya juga tanyakan bahasa apa yang digunakan oleh tour guide nya. Apabila menggunakan bahasa Inggris mungkin tidak begitu menjadi sebuah masalah, namun bayangkan saja apabila tour guide Anda menggunakan bahasa lokal. Mari berwisata….

www.mariwisatatravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *